Ketinggian Lantai

Idealnya, ket nggian lantai sebuah rumah harus lebih tinggi dari permukaan tanah asli. Tak hanya untuk mencegah kebocoran saja. Hal ini pun dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan banjir memasuki rumah. Sebaiknya, lantai didesain dengan ketinggian lebih dari 50cm, jika dihitung dari permukaan tanah asli. Jika dihitung dari permukaan saluran drainase kota di depan rumah Anda, desain lantai Anda dengan ketinggian 1m dari drainase tersebut.

Hadirkan Sumur Resapan

Sumur resapan berguna untuk menampung genangangenangan air tanah yang mampu membuat hunian Anda bocor. Buat sumur resapan dengan kedalaman yang sesuai dengan peraturan daerah setempat yang berlaku, atau batas ambang ketinggian permukaan air tanah yang ada di daerah hunian Anda.

Hindari Material

Lantai Berdaya Serap Tinggi Meskipun dalam perihal kebocoran jenis material lantai tak terlalu berpengaruh, ada baiknya Anda menghindari pemakaian material lantai berdaya serap tinggi, sepert marmer, teraso, dan beton.

Rekayasa Penahan Air

Salah satu cara mencegah kebocoran dari lantai adalah menambahkan material-material yang dapat menahan air, sepert lapisan dasar waterproofing sheet dan sejenisnya. Selain itu, lapisan beton pun harus memiliki kualitas yang baik, agar tak mampu ditembus air.

Drainase Bawah Tanah

Sub drain atau drainase bawah tanah merupakan salah satu cara untuk mencegah bocor. Letaknya berada di bawah dasar lantai bangunan hunian Anda. Dengan lubang drainase di bawah tanah seperti ini, air tanah yang mulai naik akan dialirkan, sehingga tidak naik ke permukaan lantai dan menembus sela-sela nat.

Desain Rumah Panggung

Untuk kondisi tanah yang sangat parah rawan banjir dan bocor ada baiknya Anda menggunakan desain rumah panggung, yaitu desain yang tak membiarkan lantai Anda berhubungan langsung dengan tanah, dalam jarak sekitar 20–50cm. Konsultasikan dulu terhadap arsitek atau teknisi sipil yang lebih mengert pada hal ini.

Jika teranjur lantai bocor

Apakah Anda terlanjur menghuni rumah yang mengalami masalah kebocoran dari lantai? Jangan khawatir! Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kebocoran tersebut.

  1. Ketahui dulu seberapa tingkat kebocoran yang Anda alami. Hubungi ahli bangunan, arsitek ataupun ahli sipil untuk menerka seberapa berat masalah Anda.
  2. Bila masih dalam taraf kebocoran ringan, Anda bisa menggant nat keramik dengan adukan nat yang dapat menahan air, tetapi masih menjaga keseimbangan muai susut keramik, salah satunya sealent yang berkualitas baik. Bila nat lantai berisi kandungan yang terlalu keras, keramik lantai dapat mengalami popping atau pecah karena tidak adanya rongga udara.
  3. Bila sudah berada dalam tingkat kebocoran yang parah, maka Anda harus membongkarnya. Jangan lupa, tambahkan saluran-saluran terbuka, sumur resapan, serta saluran bawah tanah, agar mencegah kebocoran dari lantai terulang kembali.

Selain juga agar kenyamanan rumah tetap terjaga meskipun listrik sedang padam, tentunya dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik cadangan. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor jual genset 250 Kva di Tangerang. Salah satunya PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon serta garansi resmi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *