Faktanya, hampir seluruh rumah pasti melakukan pekerjaan menukang yang harus difasilitasi oleh perkakas yang memadai. Memasang paku ke tembok, mengencangkan mur atau baut, memasang susunan rak, hingga membetulkan atap merupakan beberapa pekerjaan menukang yang biasa dilakukan dalam rumah. Berat atau ringan, sederhana ataupun rumit, semua pekerjaan ini membutuhkan bantuan dari perkakas rumah tangga untuk diselesaikan.

Terdapat beberapa perkakas dasar yang sifatnya wajib dimiliki dalam sebuah rumah. Tanpa memiliki perkakas-perkakas dasar, maka pekerjaan menukang di rumah akan sulit dilakukan dan tak terakomodasi dengan baik. Setidaknya, keberadaan perkakas ini dapat dijadikan alat bantu mengatasi pekerjaan-pekerjaan menukang, sehingga Anda tidak perlu memanggil jasa tukang ke rumah Anda. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini!

Palu

Merupakan perkakas dasar pertama yang wajib ada di rumah. Kegunaannya untuk mendorong atau memukul benda kerja seperti paku, sehingga dapat menembus sebuah bidang, seperti tembok atau kayu. Ada beragam jenis dan ukuran palu yang ada di pasaran. Jenis-jenisnya, dapat disesuaikan dengan fungsinya, seperti untuk memaku, juga ada yang dilengkapi fungsi tambahan menarik paku, membongkar paku, bahkan yang dikhususkan untuk digunakan pada bidang yang rentan patah atau datar, seperti lembaran kayu. Ketika ingin membeli, di samping memperhitungkan fungsi dan ukuran, sebaiknya pilih palu dengan tangkai yang nyaman dipegang dan tidak terlalu berat, sehingga enak digunakan.

Obeng

Terdapat dua jenis obeng yang ada, yaitu obeng “kembang”—dengan kepala berbentuk tanda positif (+)—dan obeng minus—dengan kepala menyerupai tanda negatif (-). Fungsinya sama, yaitu digunakan untuk memutar sekrup, mengencangkan, atau mengendorkan baut. Obeng sendiri terdiri dari dua bagian, yakni batang yang terbuat dari baja, juga tangkai pemegangnya yang terbuat dari bahan penyekat seperti kayu, plastik, atau karet keras. Terdapat banyak ukuran dari obeng yang ada di pasaran, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Disamping itu juga rumah agar tetap nyaman disaat terjadi listrik padam perlu adanya sebuah genset sebagai sumber listrik cadangan. Harga genset yang murah dan bergaransi bisa didapatkan melalui Distributor resmi genset silent 500 Kva di Bandung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *