Awal Mula Perkembangan Tablet di Dunia- Psion merupakan salah satu merek dunia yang penting. Kurang lebih 30 tahun lalu, portable organizer mereka membuka mata dunia.Selain menawarkan komputer handheld pertama di dunia, organizer dari Psion juga merupakan elemen dasar terpenting untuk Smartphone dan Tablet saat ini. Sejarah digital personal assistent dimulai pada tahun 1980-an. Saat itu, profesor Sir David Potter mendirikan perusahaan Psion di Inggris yang merupakan akronim untuk “Potter Scientific Instruments Or Nothing”. Awalnya, Sir David E. Potter fokus mengembangkan Office-Software dan computer game untuk mini home computer.

Keadaan berubah sekitar 4 tahun kemudian. Pada tahun 1984, Psion memperkenalkan Psion Organiser I yang merupakan Organizer-Computer pertama yang compact dan mobile, sudah termasuk keyboard dan baterai dengan durasi yang cukup lama saat itu. Pada tahun 90-an, feature seperti personal calender, address book atau task management merupakan hal yang baru pada Tablet Psion. Kini feature tersebut sudah dianggap lumrah pada perangkat mobile. Pada tahun 1986, penerusnya, Organiser II, cukup sukses dan kemudian dilanjutkan dengan seri yang menyediakan lebih banyak fungsi. Seperti halnya dalam perkembangan Smartphone dewasa ini, perusahaan Ing gris ini mulai terkena imbas para kompetitor yang sukses menawarkan layar touch-capable. Salah satu perusahaan terbesar tersebut adalah Palm dari California.

Perusahaan ini kemudian diambil alih oleh Hewlett-Packard pada tahun 2010. Psion kemudian merilis Serie 5 yang menjadi era baru bagi perusahaan tersebut. Untuk pertama kalinya, pengoperasian dilakukan melalui layar Personal Digital Assistants (PDA). Pada 16 Juni 1997, Psion memperk e n a l k a n T o u c h d i s – play pertama dengan resolusi semi VGA dan sistem operasi multitasking EPOC 32. Selanjutnya, Psion meluncurkan seri-seri baru dengan feature dan desain yang lebih baik. Disusul dengan model Psion Revo, Ericsson MC218 Communicator, Serie 5mx dan 5mx pro. Kesemuanya sudah mendukung aplikasi online melalui browser dan integrated email program. Perangkat mobile pun memiliki kemampuan faks dan SMS. Tak lama setelah era Pocket Computer, 2 tahun kemudian muncul netbook pertama.

Dengan nama yang sama, Psion merilis netBook pada tahun 1999, yang merupakan pionir mini-notebook dan tablet. 13 tahun kemudian, tepatnya tahun 2012, Motorola Solutions membeli perusahaan Inggris tersebut dengan kisaran nilai 200 juta dollar AS. Sampai saat ini Psion PDA menjadi milestone terpenting dalam sejarah perkembangan Smartphone dan Tablet. Nah saat ini fungsi tablet lebih bervariasi dan bisa di gunakan untuk kegiatan apapun, baik bekerja maupun hiburan. Bahkan untuk komunikasi via wa pun juga bisa. Kamu bisa update status wa dengan bebas di tabletmu

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *